Always on

Always on

Selasa, 23 April 2013

Port mouse


PORT MOUSE

Mouse merupakan perangkat keras (hardware) dalam komputer yang berfungsi sebagai penggerak kursor (pointer) pada layar monitor. Mouse sendiri bisa dikategorikan dalam peripheral utama komputer karena mouse merupakan perangkat tambahan yang harus ada pada komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis GUI. Mouse terdiri dari klik kanan, klik kiri dan scroll yang setiap bagian mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Mouse merupakan, hardware komputer yang paling penting, karena dengan mouse kita bisa mengopresaikan komputer dengan mudah. Banyak sekali jenis - jenis mouse saat ini, dan kali ini saya akan menceritakan sejarah perkembangan mouse dari awal hingga saat ini secara singkat.

Mouse pertama ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963. Mouse adalah satu dari beberapa alat penunjuk (pointing device) yang dikembangkan untuk oN-Line System (NLS) milik Engelbard. Selain mouse, yang pada mulanya disebut “bug”, juga dikembangkan beberapa alat pendeteksi gerakan tubuh yang lain, misalnya alat yang diletakkan di kepala untuk mendeteksi gerakan dagu. Karena kenyamanan dan kepraktisannya, mouse-lah yang dipilih.

Mouse pertama buatan Engelbard
Mouse pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama Penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator For A Display System). Pada waktu itu, sebetulnya Engelbart bermaksud pengguna memakai mouse dengan satu tangan secara terus-menerus, sementara tangan lainnya mengoperasikan alat seperti keyboard dengan lima tombol.


Seperti halnya pada keyboard, mouse mempunyai banyak macam, diantaranya:
  1. Mouse serial: Mouse ini jarang sekali kita temukan karena menggunakan port serial yang ditancapkan pada motherboard dan mouse ini biasanya digunakan pada komputer type AT.
Description: D:\m_42109_1.jpg
  1. Mouse PS/2: mouse ini banyak kita jumpai sekarang ini, karena komputer saat ini banyak yang menggunakan mouse dengan port PS/2, biasanya mouse PS/2 dipasang pada port PS/2 motherboard yang berwarna hijau.
Description: D:\PS2_Mouse2.jpg





  1. Mouse USB: Mouse ini sering kita temui saat ini karena kebanyakan orang sudah banyak yang menggunakan mouse jenis ini. kelebihan mouse jenis ini adalah kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan mouse yang lain.
Description: D:\174120-Logitech-2-for-1-B110-Optical-USB-Mouse-B.jpg
  1. Mouse Wireless: mouse ini digunakan untuk komputer modern yang mempunyai kemampuan untuk menerima sinyal wifi. Mouse jenis ini sangat fleksibel karena tidak perlu menggunakan kabel. Mouse jenis ini masih sangat jarang dipakai karena harganya relatif lebih mahal dibandingkan mouse jenis yang lain.
Description: D:\wireless_optical_mouse.jpg










Tidak ada komentar:

Posting Komentar